Informasi Harga Laptop™ - Computer Baru Dan Bekas

harga komputer baru, harga komputer rakitan, harga laptop, harga komputer bekas, harga komputer murah, jual komputer, jual laptop, harga jual komputer, harga jual laptop, spesifikasi dan hargalaptop

Pengertian Lengkap VRAM beserta Fungsi dan Jenis-jenis VRAM yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pengertian VRAM beserta Fungsi dan Jenis-jenis VRAM - Pada beberapa hari sebelumnya kami telah membahas mengenai pengertian video card dan beserta komponen-komponennya, dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya pada video card yaitu Video Random Access Memory.

Baca juga : Cara Install Windows 10 Legal Menggunakan Flashdisk

Pengertian VRAM
Video Random Access Memory atau biasa yang disingkat dengan nama VRAM ini merupakan salah satu komponen yang terpasang pada video card yang bekerja layaknya seperti RAM, tetapi yang membedakannya yaitu, jika RAM digunakan untuk menyimpan data dari CPU (Central Processing Unit), maka VRAM ini digunakan untuk menyimpan data dari GPU (Graphical Processing Unit). Data tersebut bisa berupa texture, framebuffer, atau asset lainnya yang dibutuhkan oleh video card untuk merender suatu gambar hingga bisa tampil di layar monitor.

Video RAM - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Video RAM Pengertian dan Fungsinya Pada Komputer, Cara Menambah VRAM - Info Saku

VRAM pertamakali ditemukan oleh F. Dill, D. Ling and R. Matick pada penelitian IBM di tahun 1980, kemudian dipatenkan pada tahun 1985. Sebelum terciptanya VRAM, memori yang berteknologi dual-ported ini terbilang cukup mahal dan juga memiliki kualitas yang terbatas. Hingga akhirnya pada tahun 1986, untuk yang pertamakalinya IBM telah memperkenalkan VRAM secara komersial pada system PC/RT-nya yang mana kemudian menjadi standar untuk tampilan grafis.

Fungsi VRAM
VRAM sendiri berfungsi sebagai memori untuk menyimpan seluruh data-data grafis yang dibutuhkan oleh GPU untuk merender sebuah gambar. Hal tersebut itu dikarenakan GPU relatif lebih cepat untuk menarik data-data dari VRAM dibanding menarik data-data dari hard drive atau bahkan dari RAM sistem.

Ketika gambar akan ditampilkan kepada layar monitor, gambar yang masih dalam bentuk data digital tersebut itu terlebih dahulu di proses di GPU, lalu ditulis pada VRAM, kemudian dikonversi menjadi signal analog oleh RAM digital-to-analog converter (RAMDAC), hingga akhirnya bisa tampil pada layar komputer anda.

Semua proses tersebut itu berlansung sangat cepat hingga anda tidak bisa melihat kedipan pada saat proses penggantian frame tersebut. Hal tersebut ini dikarenakan VRAM memiliki teknologi dual-ported, yang mana memungkinkan processor menulis gambar selagi video card membacanya untuk tampil dilayar komputer anda.

Jenis-jenis VRAM

Setiap sistem mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal penggunaan video memori. Hal seperti inilah yang membuat para developer membuat 4 jenis ram yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari si pengguna. Adapun ke-4 jenis vram tersebut antara lain:

1. Synchronous Graphics RAM (SGRAM)
SGRAM adalah jenis VRAM atau video random access memory dengan clock yang tersinkronisasi dengan kecepatan clock CPU, memori jenis yang satu ini adalah yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Data yang diterima dimodifikasi dalam satu proses, tidak dengan urutan membaca, menulis ataupun memperbarui.

2. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)
MDRAM ialah sebuah video RAM yang dikembangkan oleh MoSys dengan performa yang sangat tinggi, tetapi dengan harga yang sedikit mahal. Video RAM yang jenis ini bekerja dengan membagi memori ke beberapa bagian-bagian menjadi 32 KB, yang kemudian bisa di akses secara terpisah.

3. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
RDRAM adalah video RAM yang dikembangkan oleh Rambus, yang mana merupakan salah satu teknologi video RAM tercepat dan dengan kecepatan transfer data hingga mencapai 800 MHz. RDRAM mempunyai bus khusus yang digunakan untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame buffer.

4. Window RAM (WRAM)
WRAM sama sekali tak ada kaitannya dengan microsoft. WRAM yaitu sebuah video RAM dengan performa yang cukup tinggi yang mana mempunyai bandwidth sekitar 25% lebih besar jika dibandingkan dengan video RAM yang biasa.

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian VRAM beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Untuk anda yang hobinya bermain game berkualitas tinggi, mempunyai VRAM adalah sebuah keharusan. Semakin besar kapasitas VRAM yang anda miliki, maka semakin banyak dan juga semakin kompleks gambar atau texture yang bisa dirender oleh GPU, sehingga mampu mempercepat performa permainan game anda.

Tetapi untuk anda yang bekerja dengan mengandalkan processing data saja, tidaklah membutuhkan VRAM yang berkapasitas besar. Memiliki kapasitas VRAM yang besarpun juga tidak akan memberikan pengaruh yang besar pada komputer anda sendiri. Oleh karena itulah sebelum memutuskan membeli sebuah perangkat komputer, sebaiknya pastikan anda telah menentukan dengan baik dan benar perangkat seperti apa yang akan dibeli anda, agar anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Baca artikel sebelumnya : Pengertian Lengkap Harddisk beserta Fungsi dan Cara Kerja Harddisk

Nah, semoga bermanfaat ulasan dari Pengertian VRAM beserta Fungsi dan Jenis-jenis VRAM tersebut. Silahkan baca kembali dari awal jika belum memahaminya atau silahkan baca artikel berikutnya. Terima kasih banyak...
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Lengkap VRAM beserta Fungsi dan Jenis-jenis VRAM yang Jarang Diketahui Banyak Orang"