Informasi Harga Laptop™ - Computer Baru Dan Bekas

harga komputer baru, harga komputer rakitan, harga laptop, harga komputer bekas, harga komputer murah, jual komputer, jual laptop, harga jual komputer, harga jual laptop, spesifikasi dan hargalaptop

12 Cara ampuh Merawat Laptop agar Tetap Awet

Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet - Banyak orang-orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Meski harga laptop sekarang bisa dibilang lumayan murah, tetapi merawat laptop perlu dilakukan supaya komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan juga berumur lebih lama.

Baca juga : Cara Merawat Komputer PC

Jarang sekali mereka-mereka memperhatikan kondisi laptopnya. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan daya tahan PC yang lebih cenderung kuat dan juga tahan lama. Melalui artikel kali ini, saya akan berbagi sedikit ilmu pengetahuan mengenai bagaimana cara untuk merawat laptop dengan baik dan benar.

Bagaimana cara merawat laptop dengan baik?

Tidak bisa dipungkiri lagi, banyak orang-orang yang mengabaikan kesehatan laptop mereka sendiri. Hampir setiap saat kita atau anda menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai macam tugas seperti tugas sekolah maupun juga tugas kantor, tetapi jarang sekali kita merawatnya.

12 Cara Ampuh Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, 12 Cara Ampuh Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar Agar Tetap, 12 Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar Agar Tetap

Langsung saja yuk! lakukan hal-hal berikut dibawah ini untuk merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama.

1. Jangan terlalu sering menggunakan Laptop untuk bermain game berat
Kebiasaan buruk yang satu inilah yang sering dilakukan oleh para pemilik laptop yang suka gaming atau gamer. Menggunakan laptop untuk bermain game yang berat dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan komponen didalam laptop mengalami overheat (kepanasan). Selain itu juga, kebiasaan buruk tersebut salah satu faktor penyebab baterai laptop anda bocor.

2. Jangan menggunakan laptop di atas kasur
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa menggunakan laptop diatas kasur memang lebih nyaman. Tetapi perlu diperhatikan sedikit, bahwa menggunakan laptop diatas kasur bisa menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna, sehingga laptop pun akan mengalami overheat.

3. Jauhkan minuman dari laptop
Minuman yang tumpah ke laptop bisa menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Karena air itu merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya anda untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar bisa mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

4. Jangan menaruh barang berat diatas laptop
Kebiasaan seperti ini sering dianggap sepele oleh sebagian pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk semacam ini akan berakibat fatal. Hindarilah menaruh barang-barang berat di atas laptop. Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada layar laptop dan sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan layar laptop secara rutin
Saya sarankan anda membeli screen protector atau pelindung layar laptop terlebih dahulu, untuk melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan. Bersihkan juga layar laptop dari debu-debu yang menempel pada layar secara rutin.

6. Bersihkan optical drive laptop
Perlu anda ketahui, Optical Drive atau DVD ROM laptop sangat rentan sekali terhadap debu. Dikarenakan bisa mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD. Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive di laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD atau DVD pada Optical Drive, karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan sekali.

7. Jauhkan laptop dari jangkauan anak kecil
Jauhkan laptop kesayangan dari jangkauan anak-anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak-anak kecil, bisa jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda itu sebagai mainan.

8. Jauhkan makanan dari laptop
Lebih berhati-hatilah ketika anda menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop anda. Pastikan sisa-sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard laptop anda. Hal tersebut bisa mengganggu kinerja keyboard pada laptop anda.

9. Jauhkan laptop dari sinar matahari
Hindari kontak secara langsung antara laptop kesayangan anda dan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen-komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

10. Jangan sembarang mengunduh software dari internet
Mengunduh software-software sembarangan dari internet bisa memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop anda. Saya sarankan anda untuk menginstal Antivirus pada laptop anda dan sebaiknya lebih berhati-hati ketika anda mengunduh apapun dari internet.

11. Jangan menggunakan laptop terlalu lama
Laptop itu berbeda dengan komputer yang bisa bekerja selama 24 jam nonstop tanpa harus istirahat. Gunakanlah laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan maka sebaiknya anda matikan saja laptop anda. Menggunakan laptop yang terlalu lama juga merupakan faktor penyebab yang membuat laptop anda mengalami overheat.

12. Perhatikan suhu laptop
Banyak sekali pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang cukup tinggi merupakan salah satu faktor penyebab overheat pada laptop. Seperti yang di alami oleh teman sekelas saya, dia seringkali menggunakan laptopnya untuk bermain game berat-berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya.

Baca lainnya : 5 Cara Sederhana Merawat Laptop Acer Anda dengan Sempurna

Alhasil, setelah saya chek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yakni 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahun.

Nah, itu saja info tentang Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet. Mudah-mudahan artikel diatas bisa memberikan manfaat besar bagi para pembacanya. Terima kasih banyak...
Share this article :
+
0 Komentar untuk "12 Cara ampuh Merawat Laptop agar Tetap Awet"