Informasi Harga Laptop™ - Computer Baru Dan Bekas

harga komputer baru, harga komputer rakitan, harga laptop, harga komputer bekas, harga komputer murah, jual komputer, jual laptop, harga jual komputer, harga jual laptop, spesifikasi dan hargalaptop

Pengertian Lengkap RAM beserta Fungsi pada Komputer dan Smartphone

Pengertian RAM beserta Fungsi pada Komputer dan Smartphone - Mungkin bagi Anda yang sering sekali menggunakan gadget atau smartphone, kata RAM tentunya sering Anda dengar atau Anda temui. Ketika membeli sebuah perangkat, seringkali pasti Anda juga mengecek seberapa besarnya RAM pada perangkat tersebut. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan RAM dan juga apa fungsinya RAM? (Baca juga : Harga Jual RAM Laptop 4GB DDR3 Tipe SODIMM 4G)

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) ialah perangkat dalam sebuah komputer ataupun gadget yang bisa mengakses memori secara acak dan dengan sangat cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Kemampuan dari RAM sendiri untuk mengakses data-data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data-data. Selain itu RAM juga bisa menyimpan data-data sementara pada perangkat ketika perangkat tersebut menyala dan data-data tersebut belum sempat disimpan pada harddisk. Bisa dikatakan bahwa RAM ini adalah perangkat memori yang paling cepat dalam sebuah komputer dibandingkan dengan jenis perangkat-perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.

Meski demikian, hal lain yang membedakan RAM dengan perangkat-perangkat penyimpanan lainnya yaitu memori yang disimpan bersifat sementara dan akan hilang dengan secara otomatis jika komputer atau perangkat tersebut dimatikan.

Pengertian RAM Dan Fungsinya Pada Komputer, Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis RAM, Pengertian Fungsi RAM dan Cara Menambah RAM Lengkap, Pengertian Dan Fungsi RAM yang Perlu Anda Ketahui

Bisa dijelaskan secara umum bahwa ketika kita membuka sebuah program, maka akan terjadi pemindahan data dari hard disk menuju ke RAM, mengapa demikian? Karena data-data pada RAM lebih cepat dan juga lebih mudah diakses dibandingkan dengan data-data atau memori pada harddisk. Mengakses data-data dari RAM tidak memerlukan lag time atau waktu untuk menunggu. Jadi, semakin besar kapasitas RAM dalam sebuah perangkat gadget, maka akan semakin cepat pula data-data atau memori dalam sebuah program bisa diakses.

Faktanya, kapasitas RAM sendiri bisa diperbesar untuk menambah kecepatan sebuah perangkat komputer ataupun gadget lain seperti laptop dan juga smartphone.

Fungsi RAM

Sebuah perangkat tentunya mempunyai fungsi dalam sebuah gadget, begitu juga dengan RAM. Fungsi utama pada RAM antara lain:

1. Membaca Data
Data yang tersimpan dalam sebuah harddisk biasanya akan lebih lama untuk ditampilkan karena bisa dikatakan harddisk ini adalah perangkat memori yang bekerja dengan sangat lamban.

Hal ini dikarenakan dalam sebuah harddisk tersimpan banyak data-data dan diperlukan waktu untuk menemukannya yang terutama jika data-data tersebut mengalami fragmentasi. Untuk mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah sebuah file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca serta disimpan dalam RAM secara sementara, sehingga data-data tersebut akan lebih cepat diakses ketika program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa RAM ini berfungsi dengan sangat cepat, dan bahkan lebih cepat dari solid state drive, sehingga data-data yang sedang dibaca dan dibuka dalam sebuah program akan tetap berjalan dan bisa dibuka kembali dengan cepat ketika berpindah dari satu program ke program lainnya selama program tersebut itu tidak ditutup.

2. Penyimpanan Sementara
Selain membaca data, RAM berfungsi sebagai tempat atau wadah penyimpanan data sementara saat sebuah program sedang dijalankan.

Pengertian RAM Dan Fungsinya Pada Komputer, Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis RAM, Pengertian Fungsi RAM dan Cara Menambah RAM Lengkap, Pengertian Dan Fungsi RAM yang Perlu Anda Ketahui

Misalnya ketika mengetik text pada aplikasi Microsoft Word atau program-program lainnya, maka kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada program tersebut meski penyimpanan bersifat sementara dan tidak permanen. Dengan menyimpan data-data secara sementara pada RAM, maka program bisa berjalan dengan lebih cepat dan responsive.

Mengingat sifat penyimpanan dari RAM adalah sementara, jangan lupa anda untuk menyimpan data-data dalam format yang permanen sebab kejadian yang tidak diinginkan misalnya listrik mati ataupun hal-hal lain bisa menyebabkan data-data tersebut hilang dan tidak bisa diakses kembali.

Ukuran RAM

Menurut sumber  informasi dari nesabamedia.com, cara untuk mengecek seberapa besar RAM dalam sebuah komputer, Anda bisa membaca tutorialnya dalam artikel lainnya. Besarnya RAM akan sangat berpengaruh pada performa atau juga kecepatan sebuah komputer.

Jika komputer anda berjalan lamban, chek ukuran RAM dalam komputer anda dan jika seluruh kapasitas RAM komputer hampir terisi penuh, maka cobalah menambahkan RAM atau mengupgrade RAM akan bisa mempercepat performa sistem dalam perangkat komputer.

Pengertian RAM Dan Fungsinya Pada Komputer, Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis RAM, Pengertian Fungsi RAM dan Cara Menambah RAM Lengkap, Pengertian Dan Fungsi RAM yang Perlu Anda Ketahui

Menambahkan kapasaitas RAM dalam sebuah komputer yang berkapasitas 1 GB atau juga 2 GB tidak akan begitu terasa jika digunakan untuk membuka beberapa program-programsaja seperti game, foto, video dan lain sebagainya. RAM sendiri bisa diakses dengan lebih cepat, tetapi mengapa komputer atau sebuah sistem tidak menyimpan seluruh datanya dalam RAM? Alasan utamanya ialah karena ukuran RAM sebuah perangkat gadget selalu lebih kecil dibandingkan dengan ukuran harddrive.

Baca sebelumnya : Pengertian Lengkap VRAM beserta Fungsi dan Jenis-jenis VRAM yang Jarang Diketahui Banyak orang

Misalnya saja dalam sebuah komputer ukuran hard drive bisa mencapai 10 TB, sedangkan memori pada RAM maksimal didalamnya biasanya hanya mencapai 8 GB, dan bahkan kapasitas RAM Windows 8 versi Enterprise hanya bisa mencapai angka maksimal 512 GB saja.

Demikianlah info sekilas dari Pengertian RAM beserta Fungsi pada Komputer dan Smartphone ini. Semoga anda dan pengguna perangkat komputer aktif bisa mempelajari tentang fungsi komponen-komponen pada perangkatnya. Terima kasih banyak...
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Lengkap RAM beserta Fungsi pada Komputer dan Smartphone"