Informasi Harga Laptop™ - Computer Baru Dan Bekas

harga komputer baru, harga komputer rakitan, harga laptop, harga komputer bekas, harga komputer murah, jual komputer, jual laptop, harga jual komputer, harga jual laptop, spesifikasi dan hargalaptop

Pengertian Lengkap Video Card beserta Fungsi dan Komponen-komponen pada Video Card

Pengertian Video Card beserta Fungsi dan Komponennya - Video Card (sering juga yang disebut dengan nama VGA card, graphic card, display adapter atau juga graphic adapter) merupakan perangkat yang sangat penting pada komputer dalam hal menyajikan kualitas grafik yang bagus. Hal ini sangat penting sekali, terutama bagi anda-anda pecinta games atau biasa disebut gamers.

Baca juga : 5 Cara sederhana Mendinginkan Prosesor

Guna menciptakan sebuah pengalaman bermain game yang nyaman, aman dan lancar, mempunyai video card dengan kualitas yang tinggi merupakan sebuah keharusan. Begitupun juga bagi anda yang bergelut didalam bidang multimedia seperti fotografi dan video. Mengapa demikian? Berikut dibawah ini akan dibahas mengenai pengertian tentang video card, fungsi video card beserta slot dan komponen-komponennya.

Pengertian video card

Video card merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berperan penting dalam memproses informasi grafis pada komputer anda, sehingga akan mampu dihasilkan di layar komputer, TV ataupun proyektor. Dengan kata lainnya, tanpa video card ini anda pun tidak mungkin bisa melihat postingan seperti ini di layar komputer anda.

Pada umumnya komputer mempunyai video card yang telah terintegrasi atau juga tertanam pada motherboard atau CPU. Video card yang tertanam pada motherboard tersebut biasa disebut dengan “on-board video” sedangkan untuk video card yang tertanam pada CPU disebut juga dengan “accelerated processing unit (APUs)”.

Pengertian Video Card dan Fungsinya | Perangkat Keras Komputer, pengertian video card Archives - Belajar komputer Mu, Pengertian Kartu Grafis, video card, display card, graphics card, atau

Kelebihan menggunakan perangkat keras seperti video card yang tertanam yaitu bisa mengurangi biaya (karena anda tidak perlu membeli video card untuk tambahan), lebih simpel dan juga konsumsi daya yang dibutuhkan pun juga lebih sedikit. Video card jenis seperti ini sangat cocok untuk anda-anda yang tidak membutuhkan grafis berkualitas tinggi.

Tapi tidak menutup kemungkinan bagi anda yang sekiranya ingin menambahkan video card dengan performa yang jauh lebih tinggi dari video card yang telah tertanam pada komputer anda. Karena pada umumnya, setiap komputer telah menyediakan slot expansion pada motherboardnya sendiri, jika anda ingin menambahkan sebuah video card.

Fungsi video card

Video card mempunyai fungsi mengolah informasi grafis pada komputer anda seperti merender grafis 2D maupun 3D dan decoding MPEG-2/MPEG4. Selain itu juga video card mampu untuk menghubungkan komputer anda dengan perangkat TV ataupun ke beberapa monitor sekaligus (multi-monitor). Video card juga mempunyai sound card, sehingga mampu menghasilkan output sound ke perangkat yang terhubung, misalnya seperti TV.

Video card sendiri saling terhubung dengan CPU (central processing unit), sehingga akan mampu untuk mengambil data-data dari CPU, kemudian memprosesnya sehingga bisa tampil di layar monitor.

Untuk anda dan pengunjung yang hobi bermain game atau juga yang bergelut dibidang multimedia seperti yang sudah saya jelaskan dibagian awal tadi, sangat penting sekali untuk mempunyai video card tambahan dengan kualitas yang baik dan bagus. Karena dengan menggunakan video card tambahan tersebut akan meningkatkan seluruh kemampuan sistem komputer anda, sebab video card mempunyai RAM, pengatur daya dan juga pendingin tersendiri dalam mengelolah suatu informasi grafis. Sehingga RAM dan juga CPU pada sistem komputer anda tidak akan terbebani dan bahkan mampu digunakan untuk hal lain.

Tipe slot video adapter

Untuk menambahkan video card pada komputer anda, maka sebaiknya anda harus menggunakan slot expansion yang sudah tersedia pada motherboard komputer anda. Video card mempunyai slot yang berbeda-beda namun tergantung dari jenis dari video card tersebut.

Pengertian Video Card dan Fungsinya | Perangkat Keras Komputer, pengertian video card Archives - Belajar komputer Mu, Pengertian Kartu Grafis, video card, display card, graphics card, atau

Oleh karena itulah pada beberapa motherboard komputer dilengkapi dengan slot video card yang lebih dari satu jenis. Biasanya slot yang satu merupakan slot versi yang lama dan slot yang satunya lagi merupakan slot versi yang lebih baru. Berikut dibawah ini jenis-jenis slot yang terdapat pada video card:

1. ISA
Slot Industry Standard Architecture atau yang disingkat dengan ISA, dulunya merupakan standard slot video card komputer pada sekitar akhir tahun 1980-an. Tetapi slot jenis yang seperti ini sudah tidak lagi digunakan pada motherboard komputer saat ini. Video card dengan jenis seperti ISA ini mampu mengirimkan data-data 2 hingga 3 megabytes per detik.

2. PCI
Slot Pheriperal Component Interconnect atau yang disingkat dengan PCI slot, menggantikan peran dari slot ISA sebagai standar slot video card komputer pada awal tahun 1990-an. Slot jenis seperti ini dirancang supaya GPU bisa langsung mengambil data-data dari memory tanpa harus menggunakan CPU.

Hal ini tentu saja akan membuat CPU jauh lebih longgar guna mengolah data-data yang lain. PCI tersebut juga mampu menghantarkan data-data hingga 132 megabytes per detik, yang mana merupakan peningkatan yang begitu sangat besar jika dibandingkan dengan slot ISA.

3. AGP
Slot Accelerated Graphics Port atau yang disingkat dengan AGP slot, pertama kali diperkenalkan publik pada sekitar tahun 1996. Seiring dengan berkembangnya jaman teknologi, AGP juga mengalami peningkatan yang drastis dan memiliki 4 macam versi yang berdasarkan speednya, yakni AGP 1X, 2X, 4X, dan juga 8X. Angka tersebut mewakili kecepatan dari AGP itu sendiri. AGP 8X merupakan jenis AGP yang tercepat dengan kecepatan transfer hingga 2,1 gigabytes per detik.

4. PCI Express (PCIe)
PCI Express adalah jenis slot video card yang paling terbaru didunia, pertama kali PCIe diperkenalkan pada tahun 2004. PCI Express ini merupakan sebuah peningkatan teknologi canggih dari jenis PCI yang lama.

Diantara peningkatan-peningkatan tersebut ialah pada kemampuannya dalam mentransfer data. Untuk versi PCI Expresss X16 sendiri mampu untuk mentransfer data-data hingga 4 gigabytes per detik. Angka yang sangat jauh berbeda sekali jika dibandingkan dengan PCI versi yang lama yakni hanya 132 megabytes per detik saja.

Bagian-bagian video card

Video card sendiri terdiri dari sebuah papan sirkuit dengan berbagai macam jenis komponen yang melekat diatasnya. Komponen-komponen tersebut itu diantaranya ialah:

Pengertian Video Card dan Fungsinya | Perangkat Keras Komputer, pengertian video card Archives - Belajar komputer Mu, Pengertian Kartu Grafis, video card, display card, graphics card, atau

1. Graphics Processing Unit
Graphics Processing Unit (GPU) atau juga biasa yang disebut dengan Visual Processing Unit (VPU) merupakan sebuah sirkuit yang telah dirancang untuk memanipulasi data-data dengan cepat serta memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan sebuah gambar pada frame buffer. Singkatnya GPU ini sangat mirip dengan CPU, tetapi GPU didesain khusus hanya untuk menangani grafis saja.

2. Heat Sink
Pada jenis video card yang baru dilengkapi dengan heat sink yang berfungsi untuk meratakan suhu yang ada pada graphics processing unit (GPU). Biasanya heat sink ini juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang bisa membantu untuk mengeluarkan udara panas yang ada pada video card.

Tetapi pada beberapa jenis video card yang berkualitas rendah tidak dilengkapi dengan heat sink, namun hanya menggunakan cairan pendingin saja sebagai gantinya.

3. Memory
Memory adalah sebuah tempat dimana semua tekstur serta informasi grafis disimpan. GPU mengambil data-data dari memori, dan kemudian memprosesnya, lalu disimpan kembali di memori, kemudian disalurkan ke RAMDAC, sehingga bisa tampil dilayar monitor anda.

RAMDAC adalah singkatan dari 'Random Access Memory Digital to Analog Converter'. Yang mana RAMDAC ini berperan penting untuk mengontrol gambar digital, dan kemudian dikonversi menjadi signal analog, sehingga gambar tersebut bisa tampil di monitor.

Baca sebelumnya : Pengertian Lengkap Processor ULV beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Itulah penjelasan lengkap mengenai Pengertian Video Card beserta Fungsi dan Komponennya tersebut. Semoga dengan menyimak artikel ini, anda selaku pecinta gamers atau profesinya yang bergelut dibidang multimedia bisa mendapatkan pelajaran penting dari pembahasan diatas ini. Terima kasih banyak...
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Lengkap Video Card beserta Fungsi dan Komponen-komponen pada Video Card"