Informasi Harga Laptop™ - Computer Baru Dan Bekas

harga komputer baru, harga komputer rakitan, harga laptop, harga komputer bekas, harga komputer murah, jual komputer, jual laptop, harga jual komputer, harga jual laptop, spesifikasi dan hargalaptop

Pengertian Lengkap Mouse beserta Fungsi dan Jenis-jenisnya

Pengertian tentang Mouse beserta Fungsi dan Jenis-jenis Mouse - Pada saat kita mengoperasikan sebuah perangkat komputer, device yang satu ini tak pernah absen dikarenakan merupakan bagian yang sangat penting untuk menunjang pengoperasian komputer tersebut secara keseluruhan. Ya, perangkat yang satu ini bernama Mouse. Mouse sangat berguna ketika kita sedang mengoperasikan komputer karena fungsi utama mouse adalah sebagai penunjuk arah atau pointing device.

Mouse sendiri sudah melalui perkembangan yang begitu pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun yang lalu dari segi bentuknya, mouse ini mempunyai bentuk yang monoton. Tetapi kini jika kita berburu mouse di toko komputer baik itu online maupun toko komputer, kita akan menjumpai beragam variasi bentuk mouse itu sendiri. Masih sangat jarang sekali kita menemukan gaming mouse pada saat itu. Namun kini mouse standar sudah banyak yang memiliki bentuk layaknya seperti gaming mouse.

Baca juga : 10 Perangkat Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya

Selain perkembangan dari segi bentuknya, mouse sendiri tentunya juga mengalami sebuah perkembangan dari segi teknologi dan kegunaannya. Dari segi teknologi mouse yang dulunya memakai sensor mekanik, mechanical mouse, sekarang telah berkembang ke model optical mouse. Hal ini merupakan suatu perkembangan yang sangat pesat.

Kekurangan-kekurangan yang menjadi kendala dari mechanical mouse bisa diatasi dengan baik oleh optical mouse ini. Dari segi kegunaan, mouse yang keluaran terdahulu umumnya hanya didedikasikan guna keperluan memilih item dalam sebuah komputer melalui clicking. Tapi jika Anda cermati, kini banyak jenis mouse bertipe gaming yang sudah banyak digunakan baik memang untuk gaming ataupun juga reguler, dilengkapi dengan banyaknya tombol aksesoris misalnya seperti tombol untuk back, forward, dpi selection dan lain sebagainya, yang mana tidak ditemui pada mouse keluaran zaman dulu.

Banyak dari kita atau anda tidak memperhatian dengan device yang satu ini. Apa saja sebenarnya kegunaan dan fungsi dari mouse serta jenis-jenisnya. Pada artikel ini kita tentunya akan membahas lebih lanjut bersama-sama mengenai pengertian mouse beserta fungsi dan jenis-jenis mouse.

Pengertian Mouse

Mouse sendiri adalah salah satu perangkat hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakkan, tekanan tombol (click), dan juga penggulungan (scroll) yang bisa digunakan untuk memilih teks, ikon, file, ataupun folder. Mouse ini dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk dari device ini menyerupai seekor tikus yang kecil meruncing didepan dan menggembung besar dibagian belakang.


Fungsi Mouse

Seperti yang telah dijelaskan di atas artikel ini, mouse mempunyai fungsi utama sebagai pointing device, yaitu untuk menggerakan sebuah pointer pada layar monitor baik itu secara personal computer (PC) maupun juga laptop. Tetapi selain fungsi tersebut itu, jika kita cermati lebih lanjut lagi ternyata mouse ini memiliki banyak kegunaan yang sering tidak kita sadari, lho. Berikut ini adalah beberapa fungsi-fungsi mouse yang perlu anda ketahui sekarang juga:

1. Untuk mengeksekusi suatu program
Mouse mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal ini. Kita tentunya akan sangat sering menggunakan mouse tersebut untuk membuka file atau juga menjalankan program lainnya. Pada umumnya suatu file ataupun juga program bisa dibuka dan bisa dijalankan dengan cara melakukan double click pada mouse.

2. Untuk memilih objek
Memilih merupakan sebuah aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia teknologi komputer. Mulai dari memilih file, folder, atau bahkan kata-kata dalam sebuah program penulisan misalnya seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan mouse ini, kita bisa melakukan pilihan sesuai keinginan kita.

3. Melakukan drag dan drop
Dengan memakai mouse kita tentunya seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item yang ada di dalam komputer kita, seperti mulai dari operasi move, cut, hingga copy. Dengan didukungnya kemampuan seperti ini melalui mouse, akan memudahkan kita dalam melakukan suatu operasi-operasi sederhana tersebut.

4. Mendapatkan informasi melalui hover mouse
Hover adalah suatu keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file, ataupun folder tertentu. Ketika pointer tersebut ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi yang ditampilkan. Informasi seperti inilah yang disebut sebagai tooltips. Fungsi ini sangat berguna sekali bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click. Mungkin Anda kurang perhatian dengan fitur yang satu ini. Jadi ketika Anda mengoperasikan komputer ataupun laptop, cobalah anda untuk melakukan eksplorasi mengenai fitur hover ini.

5. Melakukan operasi scroll
Cobalah Anda cermati apa yang paling sering sekali Anda lakukan ketika tengah membaca artikel-artikel di website dalam halaman ini. Ya. Benar sekali. Anda paling banyak melakukan sebuah scrolling, yakni proses menjelajah isi seluruh halaman dengan menggulungnya. Tentunya scrolling bukanlah satu-satunya cara agar Anda bisa membaca artikel ini terus ke bawah. Sebagai gantinya ialah Anda bisa menggunakan tanda panah (arrow) pada keyboard Anda. Tapi itu akan sangat tidak praktis. Jelas bahwa fitur dukungan dari mouse ini sangat membantu aktivitas Anda dalam mengoperasikan sebuah komputer maupun laptop Anda.

6. Fungsi lain mouse
Fungsi lain yang dimaksud ini disini ialah fungsi-fungsi lanjut dari mouse sendiri yang umumnya digunakan pada bahasa pemrograman. Jika Anda sendiri adalah seorang programmer, tentunya Anda tidak asing lagi dengan hal semacam ini. Sebagai contohnya ketika kita membuat sebuah program, dan kita menginginkan suatu event yang berjalan ketika mouse sedang melakukan suatu prosedur.

Jenis-jenis Mouse

Mouse yang digunakan sudah mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Tetapi secara umumnya, mouse bisa digolongkan dari dua aspek penting, yakni (1) metode pendeteksian mouse dan (2) koneksi mouse ke komputer ataupun laptop.

Menurut metode pendeteksian lokasinya, mouse ini digolongkan ke dalam tiga jenis, yakni mechanical, optomehanical, dan juga optical mouse. Berikut ini adalah perbedaan masing-masing dari jenis mouse itu sendiri berdasarkan metode pendeteksian lokasinya:

1. Mechanical mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Mouse jenis seperti ini memiliki bola dibagian bawahnya. Bola yang ada dibagian bawah mouse itu bisa bergerak ke segala arah. Ketika bola tersebut bergerak, maka sensor yang berada didalam mouse tersebut akan mendeteksi arah pergerakan bola dan menterjemahkannya ke layar monitor dengan gerakan yang sama. Mouse tipe seperti ini masih cukup populer dan masih banyak dijumpai hingga tahun 2008.

Namun, sekarang mouse jenis seperti ini sudah jarang ditemui karena sudah digantikan dengan teknologi mouse yang lebih maju. Kekurangan dari mouse jenis ini yaitu harus menggunakan mouse pad untuk sebagai alasnya. Jika tidak menggunakannya, maka bola pada mouse jenis ini tak akan bisa bergerak dengan leluasa.

2. Optomechanical mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Optomechanical mouse ini secara prinsip sama persis dengan mechanical mouse. Hanya saja pada mouse yang tipe ini, selain terdapat bola dibawahnya, di dalamnya pun juga terdapat sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer itu sendiri. Dengan demikian jenis mouse tipe ini memiliki keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mechanical mouse.

3. optical mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Mouse jenis yang ini tidak menggunakan sistem mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, tipe mouse ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan dari mouse itu sendiri. Dengan demikian kita bisa menggunakan mouse jenis seperti ini tanpa memerlukan mouse pad. Teknologi pada optical mouse ini membuat kinerjanya jauh lebih presisi jika dibandingkan dengan kedua tipe mouse yang sebelumnya.

Sedangkan menurut koneksi dari mouse ke komputer maupun juga laptop, mouse dibedakan menjadi bus, serial, PS/2, USB, dan juga wireless mouse. Berikut penjelasan dari masing-masing jenisnya:

4. Bus mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Jenis mouse ini terkoneksi pada PC komputer melalui bus, yang digunakan sejak awal digunakannya perangkat komputer IBM. Mouse jenis ini terkoneksi ke PC dengan melalui perangkat bus yang terintegrasi pada ISA add-in card.

5. Serial mouse
Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Seperti namanya, jenis mouse yang satu ini disambungkan melalui serial port, yakni sebuah media komunikasi digital dimana informasinya itu dikirimkan secara bit per bit. Port yang umum digunakan ialah port tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terdapat pada bagian belakang di motherboard. Mouse dengan tipe ini pun sekarang kini sudah sangat jarang beredar.

6. PS/2 mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Pada PS/2 mouse, digunakan konektor berupa 6-pin mini-din. Mouse jenis ini booming mulai tahun 1987. Umumnya port yang diperuntukkan bagi jenis mouse ini memiliki warna hijau. Jenis mouse yang satu ini juga sudah sangat jarang sekali dijumpai di pasaran. Tetapi jika Anda membeli sebuah PC, maka Anda tidak perlu terkejut dikarenakan mungkin di sana masih ada yang menyertakan port untuk mouse dengan tipe seperti ini.

7. USB mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Sama seperti jenis mouse sebelumnya, mouse itu hanya berbeda di port-nya saja. Mouse jenis ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari mouse ke monitor. Mouse dengan USB ini pertamakali diproduksi pada tahun 1990-an. Kini jika Anda membeli mouse di toko-toko komputer dan toko aksesorisnya, Anda akan mendapati banyak sekali jenis-jenis mouse yang menggunakan USB karena jauh lebih praktis.

8. Wireless mouse

Pengertian Mouse Komputer dan Fungsinya - Teknologi Terbaru 2017, pengertian & fungsi mouse pada komputer / laptop - Hardware Komputer, Pengertian Mouse dan Fungsinya - Arek Belajar, Pengertian Mouse optik dan manfaatnya – Sridianti.com

Tipe mouse yang terakhir yaitu wireless mouse. Tahun-tahun belakangan ini semua aksesoris digital tidak terkecuali mouse tengah mengarah ke tren wireless. Mouse jenis seperti ini tidak memerlukan kabel secuil pun untuk mentransmisikan sinyal pergerakan mouse, melainkan melalui pesan wireless yang diterima receiver device pada chip. Keunggulan dari mouse wireless ini adalah memberikan kesan rapi pada perangkat komputer. Keterserakan kabel bisa kita minimalisir.

Tetapi mouse jenis ini mempunyai kekurangan yaitu membutuhkan sebuah baterai dalam pengoperasiannya, mengingat mouse ini tidak memiliki kabel.

Baca artikel sebelumnya : Pengertian Lengkap Motherboard beserta Fungsi dan Jenis-jenisnya

Itu saja pembahasan mengenai Pengertian tentang Mouse beserta Fungsi dan Jenis-jenis Mouse ini. Mudah-mudahan pengunjung suka dan senang menyimak artikelnya. Terima kasih banyak dan sekian dulu dari kami...
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Lengkap Mouse beserta Fungsi dan Jenis-jenisnya"